Cara Menghilangkan Uban dengan Lidah Buaya dan Penjelasan Lain

Lidah buaya merupakan bahan yang dipercaya memiliki kandungan baik untuk rambut. Selain menebalkan, dikatakan juga mampu membuat warnanya lebih hitam secara berkala. Agar hasilnya maksimal sebaiknya ketahui terlebih dahulu cara menghilangkan uban dengan lidah buaya.

Cara Menghilangkan Uban dengan Lidah Buaya

Langkah-langkah menggunakan bahan ini sebenarnya tidak begitu sulit, namun sebelumnya pastikan untuk mempersiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu supaya saat menjalankan prosesnya tidak kebingungan. berikut ini akan dijelaskan mengenai tata caranya secara urut:

  • Siapkan lidah buaya.
  • Sebelum dipisahkan dari kulitnya, sebaiknya blas lebih dahulu.
  • Tujuannya agar kotoran yang menempel pada kulitnya tidak bercampur.
  • Pisahkan antara daging buah beserta kulitnya.
  • Selanjutnya haluskan daging lidah buaya.
  • Agar lebih mudah bisa menggunakan blender.
  • Aduk sampai merata, selanjutnya oleskan pada rambut yang beruban.
  • Jangan lupa memijat halus selama beberapa saat.
  • Biarkan sekitar 1 jam, selanjutnya bilas sampai bersih.

Penggunaan masker lidah buaya ini sebaiknya tidak diaplikasikan setiap hari, cukup lakukan satu minggu sekali saja. Agar hasilnya maksimal, jangan lupa menyeimbangkannya dengan menjalankan gaya hidup sehat seperti mengurangi penggunaan rokok, menghindari faktor stres, dan lainnya.

Manfaat Lain Lidah Buaya untuk Rambut

Bahan alami ini ternyata memiliki sejuta manfaat yang bisa membuat rambut lebih sehat ternutrisi. Keuntungan lainnya, terbilang mudah ditemukan di lengkungan bahkan bisa berkembang biak dengan cepat baik ketika ditanam di tanah maupun dalam pot. Berikut penjelasannya:

  • Memperbaiki Rambut Bercabang

Masalah rambut sendiri terbilang sangat banyak termasuk bercabang. Faktor penyebabnya bisa saja dikarenakan kekurangan nutrisi, salah menggunakan shampo, dan sering menjalankan kebiasaan buruk. Cara mengatasinya yaitu dengan mengaplikasikan sebuah zat berupa enzim proteolitik.

Zat tersebut terkandung dalam lidah buaya yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati di kulit kepala. Nantinya rambut baru bisa tumbuh jika Anda mengaplikasikannya secara berkala sesuai dengan kebutuhan, dengan begitu rambut menjadi lebih sehat serta terawat.

  • Mengatasi Rambut Kering

Sata rambut kering, seringkali menyebabkan banyak masalah lain seperti mudah rontok serta muncul ketombe. Apabila telah muncul gejala-gejalanya, sebaiknya segera lakukan perawatan. Sebenarnya tidak perlu menggunakan produk mahal atau ke salon, Anda bisa mengaplikasikan lidah buaya.

Di dalam lidah buaya terkandung zat yang bisa menjadi pelembab alami yang akan memberikan efek kulit kepala lebih lembab. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah, yaitu ambil bagian gelnya selanjutnya oleskan pada rambut serta kulit kepala dan tunggu beberapa saat.

  • Merangsang Pertumbuhan Rambut

Bagi Anda yang mengalami masalah rambut rontok secara berlebihan, sebaiknya gunakan lidah buaya untuk meminimalisirnya. Sebab di dalamnya terkandung vitamin A, C, dan E dengan fungsi mempercepat regenerasi sel sekaligus menyehatkan sampai ke akar-akarnya.

Selain itu di dalam lidah buaya juga terkandung vitamin B12 dan asam folat yang diketahui mampu mengurangi kerontokan. Meskipun masyarakat sudah banyak memanfaatkan bahan ini, namun para ahli dalam bidang terkait menyatakan jika masih perlu penelitian lebih lanjut.

  • Mengatasi Rambut Berminyak

Ketika rambut Anda berminyak, segera lakukan penanganan sebelum memunculkan banyak masalah kesehatan lain. Umumnya dapat menimbulkan ketombe serta bau kurang sedap apalagi untuk orang-orang yang sering berada di luar ruangan dan bersentuhan langsung dengan sinar matahari.

Cara pengaplikasiannya yaitu dengan mengoleskan gelnya langsung ke rambut. Kandungan di dalamnya dapat bekerja untuk mengatasi produksi minyak berlebih dan menyehatkannya. Di samping itu juga dapat membuat bagian tubuh tersebut lebih lembab dan terhindar dari kerusakan.

  • Mengurangi Rasa Gatal di Kulit Kepala

Rasa gatal bisa muncul jika kulit kepala terdapat ketombe baik jenis kering maupun basah. Agar dapat meminimalisirnya, bisa dengan menggunakan lidah buaya. Sebelumnya pisahkan antara kulit dan gelnya. Selanjutnya haluskan bisa mengaplikasikan blender atau menekannya dengan sendok.

Oleskan ada rambut sambil pijat dengan lembut, kemudian biarkan beberapa saat. Untuk finishing silahkan membilasnya menggunakan air hingga bersih dan aplikasikan shampo sesuai karakter kulit. Susul pengaplikasian conditioner secukupnya selanjutnya bilas kembali.

  • Menutrisi Rambut

Meski lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi berbagai masalah, namun sebenarnya belum banyak penelitian yang membuktikan khasiatnya pada jenis rambut tertentu. Namun terdapat ahli perawatan rambut menyatakan jika bahan ini cocok diaplikasikan pada jenis kulit berminyak.

Baca juga : Cara agar gigi bisa putih secara alami

Selain itu juga direkomendasikan untuk mengaplikasikannya pada kondisi rambut kering, keriting, sampai rusak sekalipun. Penggunaannya bisa dijadikan sebagai masker atau conditioner, jika tidak ingin ribet dapat memilih produk dengan campuran bahan satu ini.

Demikian penjelasan mengenai cara menghilangkan uban dengan lidah buaya yang penting Anda ketahui untuk tujuan supaya nantinya lebih mudah ketika ingin mengaplikasikannya. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu takaran paling tepat serta durasinya.

Tinggalkan komentar