Gejala dan Cara Mengobati Diabetes Pada Wanita

Ada banyak masalah kesehatan yang menjadi momok bagi masyarakat saat ini termasuk diabetes. Timbulnya penyakit tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor termasuk gen. Sebaiknya ketika sudah merasakan gejalanya, lakukan pemeriksaan dan ketahui cara mengobati diabetes pada wanita.

Gejala Wanita Mengalami Diabetes

Ada beberapa gejala yang umumnya dirasakan wanita ketika menderita diabetes. Jika telah merasakannya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut sebelum parah. Perhatikan penjelasan pada poin-poin berikut ini:

1.     Disfungsi Seksual

Saat wanita telah terjangkit penyakit diabetes, resiko paling berbahaya yaitu terjadinya disfungsi seksual. Akibatnya ketika berhubungan badan dengan suami menjadi tidak maksimal. Jika hal ini terjadi, dapat meningkatkan kemungkinan retaknya hubungan rumah tangga.

Baca juga : Cara meningkatkan saturasi oksigen dalam darah

Gejala yang disebut neuropati diabetik atau kerusakan serabut saraf karena tingginya kadar gula dalam darah ini bisa berakibat fatal. Oleh sebab itu harus segera mendapatkan penanganan khusus sebelum gejalanya lebih parah. Pastikan untuk tetap menjalankan gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi.  

2.     Infeksi Saluran Kemih

Dibandingkan pria, wanita lebih beresiko terjadi komplikasi atau penyakit serius setelah terjangkit penyakit diabetes misalnya jantung dan ginjal. Perlu diketahui jika kondisi ini dapat mengakibatkan melemahnya sistem imunitas tubuh. Akibatnya dapat memunculkan masalah kesehatan lainnya.

Tubuh yang memiliki sistem imun lemah, kemungkinan terinfeksi bakteri akan semakin tinggi apalagi jika sudah masuk ke saluran kemih. Tanda-tanda umumnya adalah muncul gejala berupa nyeri saat buang air kecil, kencing berdarah, terlalu sering kencing namun dalam jumlah air seni sedikit, dan demam.

3.     Infeksi Jamur Berulang pada Vagina

Munculnya jamur pada vagina sebaiknya tidak diabaikan, biasanya akan muncul gejala berupa munculnya keputihan, gatal, nyeri, dan perih. Akibatnya dapat menyebabkan tidak nyaman ketika berhubungan seks dengan pasangan serta bahasanya bisa memunculkan bau kurang sedap.

Jenis jamur yang mudah tumbuh pada penderita diabetes adalah candida. Apabila telah mengalami gejalanya, segera pastikan untuk melakukan penanganan khusus supaya penyakit seperti ini tidak memperburuk kondisi kesehatan. Solusinya yaitu mengurangi konsumsi glukosa dan menggantinya dengan gula khusu.

Cara Mengobati Diabetes Pada Wanita secara Alami

Diabetes bukan hanya disebabkan karena konsumsi gula berlebih, melainkan juga bisa diakibatkan oleh banyak faktor termasuk kebiasaan buruk serta keturunan. Pada wanita akan lebih berbahaya jika sudah terjangkit sebab bisa melemahkan sistem imun sehingga penyakit lain mudah menyerang.

  • Perhatikan Jenis Bahan Makanan

Para penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan secara sembarangan karena bisa memperparah kondisi kesehatan. meski[un perlu menghindari olahan dengan kadar gula tinggi, bukan berarti tidak diperbolehkan menggunakan gula sama sekali agar lebih aman ganti dengan produk khusus.

Di samping itu dalam tubuh manusia juga juga membutuhkan kolesterol baik namun tidak diperbolehkan melebihi 300 mg setiap harinya. Beberapa bahan makanan dengan kandungan protein tinggi bisa didapatkan pada tahu, tempe, ayam, serta ikan, tetapi tetap konsumsi secara tepat.

  • Batasi Jumlah Kalori

Berdasarkan sumber terpercaya, dikatakan jika diet menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengurangi efek berbahaya diabetes. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi penderita terutama berkaitan dengan makanan, berikut penjelasannya yang perlu Anda perhatikan:

  • Jumlah lemak 20-25 persen dari asupan kalori harian
  • Protein sebesar 10-15 persen dari asupan kalori harian
  • Karbohidrat berkisar 60-70 persen dari asupan kalori harian
  • Pilih Olahraga Paling Sesuai

Tidak semua olahraga sesuai dengan tubuh seseorang dikarenakan satu dan lain hal misalnya penyakit bawaan, waktu, atau lainnya. Oleh sebab itu pastikan memilih sesuai kesanggupan serta memilih waktu paling tepat bisa di malam atau pag hari menyesuaikan kebutuhan tubuh.

Olahraga  paling disarankan yaitu yang bersifat CRIPE (Continuous, Rhythmic, Interval, Progressive, Endurance Training). Saat menjalankan kegiatan ini disarankan mencapai zona sasaran 75-85% denyut nadi maksimal 220-umur. Pastikan untuk menjalankannya secara rutin sesuai porsi masing-masing.

  • Pastikan Mengkonsumsi Serat

Bahan makanan yang kaya akan serat penting keberadaannya untuk melancarkan pencernaan. Konsumsi bahan ini disarankan sekitar 25 gram setiap harinya. Anda bisa mendapatkannya melalui buah atau sayuran untuk tujuan supaya penyerapan lemak dalam tubuh terjadi lebih maksimal.

Makanan berserat juga akan membuat perut terasa lapar lebih lama, sehingga cocok dikonsumsi jika Anda sedang menjalankan diet sehat. Rutinkan untuk mengkonsumsi makanan kaya akan serat. Apabila mendapatkannya dari buah dan sayur, pastikan melihat kondisi tubuh utamanya penderita penyakit lain.

Demikian penjelasan mengenai cara mengobati diabetes pada wanita yang bisa Anda jadikan solusi jika nantinya terkena masalah kesehatan tersebut. Sebaiknya tidak mengabaikannya karena dapat mengakibatkan penyakit lebih parah apalagi sistem imun lemah seperti terinfeksi bakteri berbahaya yang menyerang saluran kemih.

Tinggalkan komentar