Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Dengan Mudah

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan berkaitan dengan sistem pernapasan atau sedang isolasi mandiri di rumah, penting mengetahui cara meningkatkan saturasi oksigen. Hal ini bertujuan apabila berada pada kondisi darurat bisa menanganinya sesegera mungkin.

Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen

Saturasi oksigen pada kadar normal sekitar 95-100%, namun jika di bawah 90% maka dikatakan rendah. Selain menggunakan AGD (Analisa Gas Darah) juga bisa menerapkan oximeter. Meski memiliki tingkat keakuratan lebih rendah, namun bisa digunakan per individu. Berikut teknik pruning:

  • Posisi 1

Disarankan pasien harus berbaring di atas dengan durasi waktu 30 menit. Silahkan gunakan alas yang tidak terlalu keras, tambahkan bantal pada bagian bawah leher, pinggul, dan juga kaki. Posisikan tubuh dalam keadaan paling nyaman agar bisa rileks dan tenang.

  • Posisi 2

Posisikan badan berbaring ke sisi kanan dalam jangka waktu 30 menit, kemudian tambahkan bantal di bagian bawah leher, pinggul, salah satunya dijepit diantara kedua kaki Anda. Patikan juga menggunakan alas nyaman namun pilih yang tidak membuat gejala semakin parah.

  • Posisi 3

Pada posisi ke 3 ini, Anda diharuskan berbaring sambil duduk dalam durasi 30 menit dengan menggunakan penyangga bantal. hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk menghirup oksigen dan membuat tubuh semakin rileks sehingga memungkinkan saturasi oksigen naik.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Teknik Proning

Posisi yang sudah dijelaskan di atas merupakan teknik proning yang bertujuan untuk meningkatkan saturasi oksigen secara praktis. Namun saat menjalankannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan tujuan agar memberikan kinerja lebih maksimal, berikut penjelasannya:

  • Pantau selalu suhu tubuh, gula darah, dan tekanan
  • Hindari menjalankan teknik proning setelah makan
  • Teknik proning sebaiknya dilakukan oleh pasien yang kesulitan bernafas dan memiliki kadar saturasi oksigen sekitar 93-94%.
  • Hentikan melakukan teknik proning jika merasakan ketidaknyamanan.
  • Sebaiknya hindari melakukan teknik proning pada ibu hamil, pasien gangguan jantung, mengalami masalah tulang belakang, bermasalah pada trombosis vena, atau beberapa lainnya.

Cara Menormalkan Saturasi Oksigen

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar saturasi oksigen bisa segera normal kembali utamanya jika sedang melakukan isolasi mandiri. Penanganan yang tepat dapat membuat Anda segera membaik, berikut ini beberapa diantaranya:

  • Mengkonsumsi Zat Besi

Ada banyak makanan yang mengandung zat besi dan disarankan dikonsumsi untuk meningkatkan saturasi oksigen dalam tubuh. Apabila ingin produk instan, dapat mengkonsumsi dalam bentuk kapsul terutama jika sedang isolasi mandiri di rumah. meskipun demikian tetap pastikan mengkonsumsi makanan bergizi.

Baca juga : Berapa nilai normal saturasi oksigen dalam darah?

Makanan yang disarankan yaitu buah dan sayur karena kaya akan antioksidan serta bisa memberikan efek menyegarkan. Agar lebih nikmat, bisa mengolahnya tanpa mengurangi terlalu banyak kandungan gizi di dalamnya misalnya untuk sup, smoothies, dan lainnya.

  • Ubah Cara Bernafas yang Salah

Cara bernafas yang salah juga bisa mengakibatkan sesak nafas lebih parah, oleh karenanya penting untuk memperbaikinya. Agar dapat mengatasinya, cobalah berlatih pernafasan dalam dengan tujuan untuk menciptakan energi, meningkatkan jumlah oksigen dalam darah, dan membersihkan paru-paru.

Sebab dikatakan jika pernapasan yang tidak tepat dapat mengakibatkan beberapa masalah salah satunya kadar oksigen bisa menurun secara signifikan. Ketika dada terasa sangat sesak, sebaiknya cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam, kemudian keluarkan melalui mulut sampai beberapa kali pengulangan.

  • Perbaiki Postur Tubuh

Meski belum banyak diketahui, namun perbaikan postur tubuh sangat penting untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Jika merasakan gejalanya, cobalah untuk berdiri tegak, kemudian putar bahu ke belakang, busungkan dada kedepan, selanjutnya atur dagu dalam posisi tegak.

Perbaikan postur tubuh menjadi salah satu hal yang bisa Anda lakukan sesegera mungkin setelah merasakan gejalanya. Jangan biarkan gejala tersebut lebih parah karena bisa mengakibatkan berbagai masalah lainnya bahkan membuat tubuh lemas. Berikut tips dan trik nya:

  • Setelah memperbaiki postur, cobalah bernafas perlahan.
  • Ulangi sampai kondisi semakin membaik dan sirkulasi udara yang masuk ke dalam paru-paru lebih lancar.
  • Jika gejala tidak menurun, maka segera hubungi dokter.
  • Memperbaiki Sirkulasi Udara

Rumah yang kurang udara akan membuat paru-paru lebih sensitif, apalagi jika terdapat bau-bauan. Selain itu sebaiknya bersihkan seluruh ruangan terutama bagian yang sering Anda tempati. Sebaiknya meminimalisir debu atau bau-bauan menyengat karena bisa memperparah kondisi.

Sebaiknya secara berkala buka jendela agar udara segara bisa masuk, utamanya ketika di pagi hari. apabila memungkinkan bisa sambil melihat hijaunya dedaunan serta warna-warni bunga karena bisa menghilangkan stres. Hanya saja jika udara terlalu dingin, sebaiknya hindari untuk menjaga suhu tubuh.

Demikian penjelasan mengenai cara meningkatkan saturasi oksigen yang baik untuk tubuh. sebelumnya pastikan melihat kondisi fisik terlebih dahulu karena tidak semuanya bisa menjalankannya terutama dengan riwayat penyakit tertentu.

Tinggalkan komentar