MANFAAT JAMU TEMULAWAK UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Temulawak adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Disamping itu, temulawak juga bisa diperoleh dengan sangat mudah. Tanaman ini dapat ditemukan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. maka daripada itu, orang Indonesia memanfaatkan tanaman tropis ini sebagai jamu tradisional karena kemudahan cara memperolehnya. Lalu, apa saja manfaat jamu temulawak bagi kesehatan kita ?

Apa Manfaat Jamu Temulawak di Dalam Kehidupan Kita ?

Curcuma xanthorrhiza atau yang akrab disebut temulawak adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Asal tanaman ini dari daerah tropis seperti Indonesia, khususnya yang ada di pulau Jawa.

Pembudidayaan tanaman ini termasuk sederhana bahkan terkadang bisa tumbuh tanpa diduga. Temulawak dapat tumbuh baik di lahan yang teduh dengan pencahayaan sinar matahari yang minim.

Tanaman temulawak ini hampir sama dengan kunyit karena bentuknya sama yaitu berupa rimpang. Bedanya temulawak memiliki bentuk yang lebih gempal. Selain itu, dagingnya lebih cerah dibandingkan kunyit yang memiliki bentuk yang panjang dan warna daging orange pekat. Namun keduanya memiliki manfaat yang sama sebagai tanaman obat.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat jamu temulawak bagi kehidupan sehari-hari, berikut adalah penjelasannya.

1. Jamu Temulawak untuk Pencernaan dan Peradangan

Temulawak dapat merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu, sehingga metabolisme makanan dalam tubuh dapat dicerna dengan baik.

Tanaman obat satu ini juga dapat mengatasi perut yang kembung dan dapat menambah nafsu makan untuk anak-anak. Temulawak juga baik untuk orang-orang yang mengalami masalah peradangan usus. Ini berfungsi sebagai obat agar penyembuhan terjadi lebih cepat.

Mengkonsumsi temulawak juga dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri bagi penderita radang sendi. salah satu manfaat temulawak juga sebagai anti nyeri atau biasa dikenal dengan istilah ibuprofen dalam dunia medis.

2. Temulawak Sebagai Penurun kolesterol

Menurut penelitian, temulawak juga terbukti dapat menurunkan kolesterol dalam darah jika dikonsumsi selama 4 minggu berturut-turut. Sehingga manfaat jamu temulawak ini disebut sebagai antikolesterol.

3. Manfaat Temulawak sebagai Peningkat Stamina

Campuran temulawak dan juga kunyit dipercaya dapat membuat tubuh tidak mudah lelah dan lebih bersemangat. Hal ini dikarenakan kandungan tonikum di dalamnya.

Daripada mengkonsumsi minuman suplemen stamina yang berasal dari campuran bahan kimia, akan lebih baik bila anda minum atau makan dari bahan alami, tanaman herbal, atau berbagai jenis buah-buahan.

4. Temulawak Sebagai Penangkal Corona

Corona adalah salah satu penyakit yang menyerang daya tahan tubuh. Penyakit ini mulai dinyatakan sebagai pandemi karena telah menyerang di berbagai negara dengan korban yang tidak sedikit jumlahnya, termasuk Indonesia. Apalagi penyakit ini dapat membunuh nyawa penderita jika imunitas atau daya tahan tubuh sedang tidak bagus.

Untuk itu, manfaat jamu temulawak ini sangat penting untuk menjaga imunitas tubuh. Buatlah ramuan dengan menghaluskan temulawak. Selanjutnya anda bisa mengambil sari temulawak tersebut. Bisa juga ditambahkan air hangat dan juga madu untuk diminum setiap hari.

manfaat jamu temulawak

Tinggalkan komentar