MANFAAT DAUN GINGSENG DAN EFEK SAMPINGNYA

Ginseng pada umumnya digunakan sebagai obat tradisional Cina dan berpotensi sebagai pembasmi virus. Ekstrak ginseng merah Korea dipercaya bisa mengatasi hepatitis A dan herpes. Selain manfaat daun ginseng, ternyata ada efek samping mengkonsumsi ginseng.

Berbagai Manfaat Daun Ginseng Perlu Diketahui

1. Sebagai Fungsi Kognitif

Manfaat pertama dari ginseng adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir atau kognitif, perilaku, dan kualitas hidup. Sedangkan ginseng diberikan pada anak dipercaya mampu meningkatkan daya konsentrasi. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel otak.

2. Mengurangi Tingkat Stres

Dapat merangsangmetabolisme dan meningkatkan energi sehingga bisa mengurangi tingkat stres dan kecemasan, senyawaadaptogen mungkin yang berperan. Senyawa ini bisa mengganggu kadar hormon saat stres.

3. Sebagai Anti Peradangan

Sifat antioksidan pada ginseng bisa untuk anti peradangan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Bisa Membantu Mengontrol Diabetes

Anda yang mempunyai penyakit diabetes ginseng juga bermanfaat. Karena bisa membantu menurunkan kadar gula darah, tanaman ini sebagai pengatur penyerapan glukosa dalam tubuh. Namun jika anda sudah minum antidiabetes, anda tidak perlu mengkonsumsi ginseng.

5. Mencegah Penuaan Dini

Sifat antioksidan dalam ginseng juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan, sehingga sering digunakan pada produk kecantikan. Mampu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, terutama sel-sel kulit. Fungsi ini membantu kulit terlihat lebih lembab dan tampak lebih muda.

6. Mencegah Kanker

Antioksidan yang bisa melawan radikal bebas mampu mencegah anda dari sel-sel kanker. Salah satunya kanker usus besar yang bisa dicegah dengan ginseng.

7. Melancarkan ASI

Manfaat daun ginseng selanjutnya bagi ibu yang baru melahirkan ini sangat dianjurkan karena bisa memperlancar ASI. Ini karena daun ginseng mempercepat sirkulasi darah sambil merangsang fungsi ASI.

8. Menambah Vitalitas

Daun ginseng juga dapat meningkatkan vitalitas anda. Daun ginseng ini sangat cocok untuk pasangan suami istri yang membutuhkan keharmonisan di dalam rumah tangga.

Efek Samping Mengkonsumsi Ginseng

Bukan hanya kaya akan manfaat, ginseng juga memiliki beberapa efek samping. Ginseng yang merupakan rempah-rempah yang sangat kuat sehingga akan menimbulkan efek samping bagi yang mengkonsumsi.

Efek sampingnya seperti sakit kepala, gangguan tidur, sakit perut, timbulnya reaksi alergi, gatal, perdarahan vagina, gugup, detak jantung cepat, tekanan darah meningkat atau menurun, nyeri payudara, ruam parah, kerusakan hati.

Dengan berbagai efek samping ini, anda harus waspada dalam mengkonsumsinya. Gunakan ginseng seperlunya dan secukupnya saja. Apabila yang anda konsumsi ginseng yang sudah diekstrak seperti suplemen, maka anda sebaiknya konsultasi dahulu dengan dokter anda untuk menghindari resiko efek sampingnya.

Demikian beberapa ulasan mengenai manfaat daun ginseng yang bisa anda ketahui dan sebagai gambaran apabila ingin mengkonsumsinya dalam jangka panjang.

 Keyword 8: manfaat daun ginseng

Tinggalkan komentar