Manfaat Habbatussauda Untuk Lambung

Bagi anda yang ingin melakukan pengobatan secara herbal, Habbatusauda sangat penting dicoba karena sudah banyak yang membuktikan khasiat tanaman herbal ini.

Meskipun terkadang rempah ini juga digunakan sebagai bahan bumbu masak, nyatanya banyak yang menggunakan Habbatusauda untuk bahan campuran obat yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit.

Tentang Habbatussauda

Habbatussauda atau jintan hitam atau nama latinnya adalah Nigella sativa ( N. sativa ) (Ranunculacea) memiliki beberapa efek terapeutik yang dikaitkan dengan konstituennya seperti nigellicine, nigellidine, thymoquinone, dithymoquinone, thymol dan carvacrol.

Beberapa sifat farmakologis yang bermanfaat dari tanaman ini seperti anti-oksidan, anti-bakteri, anti-histamin, anti-hipertensi, hipoglikemik, anti-jamur, anti-inflamasi, anti-kanker dan efek imunomodulator.

Habbatussauda Untuk Lambung

Kandungan antioksidan pada habbatussauda bisa membantu mengurangi peradangan. Termasuk peradangan di lambung.

Habbatussauda dipercaya juga bisa mengobati tukak lambung karena efektivitas yang setara simetidin.

Selain untuk mengobati penyakit lambung dan penyakit lain seperti diabetes, hipertensi, kanker dan penyakit lainnya. Ternyata habbatussauda juga baik untuk kulit dan wajah.

Manfaat Habbatussauda Untuk Wajah

Habbatussauda bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. Dengan cara mengoleskan gel yang mengandung ekstrak jintan hitam ke kulit wajah yang ada jerawatnya.

Manfaat habbatussauda untuk wajah selain untuk mengatasi jerawat adalah untuk membersihkan pori-pori dan mengontrol minyak di wajah.

Baca juga:Cara benar menghilangkan komedo di hidung

Serta dapat membantu menutrisi kulit, menjaga kelembaban kulit, mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

Efek Samping Habbatussauda

Meskipun minyak habbatussauda atau jintan hitam tampaknya memberikan manfaat untuk kesehatan tertentu, suplemen ini tidak bisa menggantikan obat-obatan.

Jika kalian sedang mengkonsumsi obat dari dokter, seharusnya berbicara dulu dengan dokter kalian sebelum menggunakan suplemen herbal, seperti minyak jintan hitam.

Dokter dapat memberi saran tentang kemungkinan interaksi dengan obat dan juga mendiskusikan potensi manfaat dan efek samping dari suplemen herbal. 

Untuk Kehamilan

Seperti halnya suplemen apa pun, untuk ibu hamil atau menyusui sebaiknya berbicara dengan dokter kalian terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Untuk mengetahui apakah minyak jintan hitam tepat atau tidak untuk ibu hamil dan menyusui.

Memicu Alergi

Dengan penggunaan topikal, minyak jintan hitam atau habbatusauda dapat menyebabkan ruam alergi pada beberapa penggunanya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengujinya pada sepetak kecil kulit terlebih dahulu untuk memastikan bahwa itu tidak memicu reaksi.

Kalian juga harus berhati-hati untuk menjauhkan minyak ini dari mata, lubang hidung, dan bagian tubuh sensitif lainnya.

Perut Mual

Menelan minyak jintan hitam terkadang dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sakit perut, sembelit, dan muntah.

Untuk mendapatkan minyak jintan hitam teraman dan paling bermanfaat, selalu pilih minyak jintan hitam organik berkualitas tinggi yang 100 persen murni, tingkat terapeutik, dan bersertifikat.

Cara Konsumsi Habbatussauda

1. Merebus Habbatussauda

Kalian tidak bisa makan langsung biji jintan hitam dalam keadaan mentah. Biji jintan hitam harus direbus terlebih dahulu untuk melindungi perut kalian dan membuatnya terasa lebih enak.

Masukkan biji dalam panci dan nyalakan kompor ke pengaturan rendah. Aduk bijinya setiap beberapa menit. Kalian akan tahu bahwa bijinya matang ketika rasanya hambar.

Setelah kalian memanaskannya selama sekitar lima menit, mulailah mencicipinya. Jika terasa masih memiliki rasa yang keras, perlu dipanaskan lebih lama lagi.

2. Dengan Cara Ditumbuk

Biji dijemur terlebih dahulu kalau sudah kering bisa ditumbuk atau di giling sampai halus agar bisa mudah untuk ditelan. Ini merupakan cara yang paling mudah untuk mengkonsumsi jintan hitam.

Tempatkan bubuk dalam wadah kedap udara. Kalian harus menempatkan biji jintan hitam yang digiling dalam wadah yang tidak memungkinkan kelembaban di dalamnya.

Kalian juga dapat memasukkannya ke dalam kapsul pil atau menyimpan bubuknya dalam toples sehingga kalian dapat dengan mudah mengambilnya jika membutuhkannya setiap hari.

Akan tetapi kalian juga bisa membeli minyak biji jintan hitam atau dalam bentuk kapsul atau bubuk jika kalian tidak ingin merebus dan menggiling biji sendiri.

Kalian bisa membeli biji yang sudah matang atau minyak biji jintan hitam, kapsul atau bubuk. Sekarang banyak sekali dijual secara online atau di toko makanan dan obat herbal alami.

Dosis Habbatussauda

Hindari membeli produk yang menyarankan mengkonsumsi dalam jumlah besar. Kalian hanya perlu mengkonsumsi dalam jumlah kecil, seperti satu sendok teh, satu hingga dua kali sehari.

Dosis habbatussauda yang aman untuk di konsumsi untuk dimasukkan ke dalam menu diet adalah 2-2,5 gram per hari.

Baca juga:Manfaat daun kelor yang sangat luar biasa

Hal itu bisa dilihat jika kalian membeli dalam kemasan kapsul 500 gram yang berarti boleh dikonsumsi 4-5 kapsul setiap hari. Itu batas aman yang direkomendasikan dari habbatussauda atau jintan hitam.

Maka dari itu sebelum kalian mengkonsumsi habbatussauda sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika mempunyai kondisi kesehatan tertentu.

Tinggalkan komentar