Manfaat Kulit Melinjo yang Penting untuk Anda Ketahui

Pada buah melinjo terdapat 2 bagian yang bisa dimanfaatkan yaitu daging buah serta kulitnya. Tentu Anda sudah sering melihat olahan dari bahan tersebut, selain enak di dalamnya juga terkandung manfaat kulit melinjo. Keunggulan lainnya yaitu harganya tidak begitu mahal serta bisa dirubah menjadi banyak masukan.

Kandungan di dalam Kulit Melinjo

Setiap bahan masakan sebagian besar selalu memiliki manfaat untuk kesehatan dengan catatan jika penggunaannya secara tepat termasuk salah satunya yaitu kulit melinjo. Bahan tersebut sering digunakan untuk berbagai olahan. Sebelumnya ada baiknya untuk mengetahui kandungan di dalamnya.

Tujuan utamanya adalah dapat memperkirakan kebutuhan tubuh terkait zat-zat tertentu sebab tidak semuanya bisa diterima terutama untuk orang dengan penyakit bawaan. Buah dengan nama latin Gnetum gnemon ini mengandung nutrisi, yaitu sebagai berikut:

  • Vitamin C dengan kadar 7 mg
  • Thiamin (Vitamin B1) dengan kadar 0,07
  • Karoten dengan kadar 1,267 mcg
  • Zat besi dengan kadar 2,6 mg
  • Fosfor dengan kadar 176 mg
  • Kalsium dengan kadar 117 mg
  • Serat dengan kar 5g
  • Karbohidrat dengan kadar 20,7 g
  • Lemak dengan kadar 1,1 g
  • Protein dengan kadar 4,5 g
  • Energi dengan kadar 111 kal

Manfaat Kulit Melinjo

Kulit melinjo yang biasanya digunakan adalah dari buah sudah matang. Ciri-ciri nya yaitu berwarna kemerahan, meski teksturnya sedikit kasar namun ketika dimasak bisa melunak dan mudah dikunyah. Rasa nya sendiri begitu unik, di samping itu ada banyak manfaat baiknya bagi kesehatan.

  • Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Memiliki kulit rambut yang bermasalah tentunya akan membuat tidak nyaman karena bisa memunculkan mulai dari ketombe, gatal, bahkan berbau. Di dalam kulit melinjo mengandung zinc dengan khasiat membantu meningkatkan produksi sel darh putih pada tubuh.

Kadar sel darah putih yang tercukupi akan mempercepat penyembuhan luka dan mencegah peradangan. Selain menjaga kesehatan kulit pada bagian rambut, ternyata tersimpan manfaat lain berupa dapat mengatasi jerawat supaya tidak sampai meradang atau muncul lebih banyak.

  • Membantu Regenerasi Sel dan Jaringan

Di dalam kulit melinjo terkandung protein yang membantu meregenerasi sel dan jaringan dalam tubuh. Secara ilmiah terjadi sebuah proses kematian sel dan jaringan baik pada bagian kulit, sistem pencernaan, serta darah. Dalam hal ini kehadiran protein sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses pemulihan.

Selain protein, pada proses ini juga membutuhkan asam amino yang bisa didapatkan dari bahan-bahan tertentu. Ketika proses regenerasi sel bisa berjalan maksimal, maka tubuh akan lebih sehat serta dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan baik berat maupun ringan.

  • Membantu Melindungi Otot

Otot merupakan salah satu bagian tubuh penting yang membantu koordinasi antara bagian tubuh satu dengan lainnya. Apabila terjadi masalah tentunya bisa mengakibatkan terhambat kegiatan manusia sehari-hari. Pada proses ini membutuhkan kehadiran sebuah zat berupa protein dengan kadar tertentu.

Selain terkandung dalam daging dan ikan, kulit melinjo juga diketahui memiliki zat satu ini. kehadiran protein dibutuhkan untuk memberikan struktur pada otot yang berbentuk mikrofilamen. Saat menjalankan program diet, sebaiknya asupannya harus tercukupi guna mempertahankan massa otot.

  • Merawat Fungsi Ginjal

Ginjal dapat menjalankan tugasnya dengan baik ketika asupan fosfor dalam tubuh tercukupi karena mampu menjaga keseimbangan cairan dan tubuh. Mineral ini tidak hanya terkandung dalam ayam dan daging saja melainkan juga pada kulit melinjo. Meskipun baik, namun harus membatasi konsumsinya.

Hanya saja perlu diperhatikan, kebanyakan fosfor juga akan menimbulkan dampak buruk berupa meningkatnya resiko terkena stroke, serangan jantung hingga kematian. Penyebabnya adalah penumpukan kalsium pada pembuluh darah dan menghambat alirannya ke bagian vital pada tubuh.

  • Baik untuk Tulang

Dalam kulit melinjo terkandung kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memelihara kekuatan tulang dan gigi. Agar lebih lebih efektif, manusia juga memerlukan dukungan Vitamin D dari beberapa sumber baik makanan atau lainnya. Ketika tulang terjaga kesehatannya maka bisa meminimalisir terjadinya osteoporosis.

Kondisi tersebut terjadi bukan hanya faktor usia saja melainkan juga bisa karena tubuh kekurangan kalsium serta terjangkit penyakit tertentu. Agar mineral tersebut tercukupi, bisa rutin minum susu atau mengkonsumsi olahan dari kulit melinjo dengan rasa nikmat.

  • Mengurangi Risiko Stroke

Kadar kalium tinggi yang terdapat di dalam kulit melinjo bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke karena dapat melindungi kesehatan otak. Berdasarkan penelitian dari Harvard Health termuat dalam Jurnal stroke menyebutkan jika mengkonsumsi banyak kalsium dapat meminimalisir masalah ini.

Baca juga : Tips memutihkan gigi secara alami

Dikatakan jika manusia yang mengkonsumsi banyak kalium bisa mendapatkan tekanan darah normal karena berperan sebagai vasodilator serta melancarkan aliran darah. Namun Anda juga perlu menyeimbangkannya dengan cara melakukan usaha rutin serta mengkonsumsi makanan bergizi.

Demikian penjelasan mengenai manfaat kulit melinjo yang penting untuk Anda ketahui agar bisa memanfaatkannya ketiak mengalami beberapa masalah kesehatan. Meskipun banyak kandungan baik di dalamnya namun tetap perlu membatasi konsumsinya.

Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan komentar