MANFAAT SEREH YANG MENAKJUBKAN UNTUK KESEHATAN

Daun sereh telah banyak digunakan untuk proses pengobatan secara tradisional sejak lama. Tanaman atau ekstraknya bisa dipakai sebagai penyedap dalam masakan dengan tujuan pengobatan selama berabad-abad.

Tanaman ini termasuk jenis tanaman perdu tinggi. Manfaat sereh untuk kesehatan sebagai aromaterapi, untuk menyegarkan udara, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan suasana hati. Sereh mempunyai aroma yang mirip dengan lemon. 

Beberapa Manfaat Sereh untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Antioksidan

Manfaat antioksidan bagi tubuh untuk mengurangi radikal bebas didalam tubuh yang menyebabkan penyakit tubuh. Antioksidan yang terkandung adalah swertia japonin, klorogenat, dan isoorientin. Antioksidan ini bisa untuk mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner.

2. Sebagai Antimikroba

Air rebusan sereh membantu mengobati infeksi gigi berlubang dan mulut berkat sifat antimikroba.Dalam minyak atsiri bisa menunjukan kemampuan antimikroba yang bisa melawan bakteri yang bernama Streptococcus mutans. Ini adalah yang paling berbahaya dan dapat menimbulkan kerusakan gigi.

3. Sebagai Anti Peradangan

Dua senyawa yang ada di sereh yaitu sitral dan geraniol adalah senyawa yang bertanggung jawab sebagai anti peradangan. Senyawa ini mampu menghentikan pelepasan yang menjadi penyebab peradangan di dalam tubuh.

Sifat peradangan ini dapat mencegah berbagai peradangan seperti sakit tenggorokan, flu, sampai masalah pencernaan akibatan peradangan.

4. Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Sereh dikenal sebagai diuretik yang dapat melancarkan buang air kecil, Sedangkan buang air kecil sebagai pembersih tubuh dari kelebihan cairan dan natrium.

Sifat diuretik yang dapat merangsang agar ginjal dapat mengeluarkan lebih banyak urin. Agar membersihkan ginjal serta bisa meningkatkan fungsinya.

5. Sebagai Pengurang Resiko Kanker

Manfaat sereh untuk kesehatan selanjutnya sebagai antikanker. Kandungan citral di dalam sereh memiliki kemampuan antikanker yang kuat yang mampu melawan beberapa garis sel kanker.

6. Membuat Pencernaan Lebih Sehat

Manfaat selanjutnya sereh membuat pencernaan lebih sehat. Minyak atsiri dapat membantu melindungi lapisan perut akibat kerusakan dari etanol dan aspirin. Sehingga bisa mengatasi kram perut, sakit perut, dan masalah pencernaan lainnya.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Air rebusan sereh bisa untuk detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme tubuh dan bisa untuk membantu proses penurunan berat badan. Kandungan Polifenol yang meningkat bisa membantu mengeluarkan energi dan oksidasi lemak, sehingga membantu menurunkan berat badan.

8. Mengurangi Kecemasan

Aroma sereh bisa membantu mengurangi kecemasan, efeknya bisa menenangkan dan membantu untuk tidur nyenyak.

9. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kalium yang ada di sereh bisa meningkatkan produksi urin sehingga bisa merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Sirkulasi darah yang bagus bisa menurunkan kolesterol dari usus sehingga jantung lebih sehat.

Selain itu, sereh juga dipercaya sebagai tanaman yang bisa mencegah virus corona atau covid 19, kandungan curcumin yang ada di dalam serai ini yang bisa membantu mencegah virus ini masuk kedalam tubuh. Sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi sebagai pencegahan virus. Demikian beberapa manfaat sereh untuk kesehatan yang bisa anda ketahui.

Manfaat Sereh Untuk Kesehatan

Tinggalkan komentar