Ramuan Penurun Demam Anak yang Efektif

Selain menggunakan obat modern, terdapat beberapa ramuan penurun demam anak yang terbilang ampuh dan mudah di dapatkan di lingkungan sekitar. Namun, sebelumnya pastikan untuk mengetahui apakah anak memiliki alergi terhadap bahan tertentu atau tidak.

Beberapa Ramuan Penurun Demam Anak

Sebaiknya ketika anak demam, segera dilakukan penanganan khusus agar tidak sampai menyebabkan berbagai masalah kesehatan lebih parah. Sebab demam juga bisa menjadi tanda terkena gangguan penyakit tertentu. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

1.     Bawang Merah

Bau bahan dapur satu ini memang terbilang menyengat, namun selain dapat membuat masakan semakin nikmat juga sering difungsikan untuk menangani masalah kesehatan. secara turun temurun, banyak masyarakat percaya akan khasiatnya untuk menurunkan demam.

Cara pengaplikasiannya yaitu dengan memarut terlebih dahulu bawang merah secukupnya. Terkadang ditambahkan daun sangket serta minyak kayu putih untuk mendapatkan khasiat lebih maksimal. selanjutnya balurkan pada tubuh anak setidaknya dua kali sehari.

2.     Jahe

Rempah ini sudah dipercaya selama puluhan tahun untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama mengatasi masuk angin karena memberikan efek hangat. Selain itu juga dipercaya sangat efektif melawan demam, batuk, dan gejala umum lain.

Salah satu cara untuk mengatasi demam pada anak yaitu menambahkan irisan jahe pada air hangat. Racun akan keluar dari tubuh bersamaan dengan keringat setelah meminum ramuan tersebut. Agar anak-anak lebih mudah meminumnya, silahkan menambahkan madu secukupnya.

3.     Echinacea

Meski masih cukup asing, namun perlu diketahui bahwa echinacea sudah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami penurun panas. Cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa melawan infeksi dari bakteri dan virus.

Di samping itu diketahui dapat menghilangkan demam secara lebih cepat. Jika anak Anda mengalami demam, bisa memberikan teh yang mengandung echinacea. Selain efektif untuk penurun demam, aroma khasnya sendiri bisa menenangkan pikiran.

4.     Lemon dan Madu

Cara meracik ramuan ini tidak begitu sulit yaitu tambahkan 1 sendok makan madu ke dalam 1 sendok makan jus lemon. Dengan mengkonsumsi campuran bahan ini, dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk membantu mengurangi demam anak dengan rasa manis asam menyegarkan.

Selain cara pembuatannya mudah, bahan-bahan yang digunakan bisa ditemukan di swalayan terdekat. Campuran ini juga terbilang aman karena terbuat dari komponen alami dan bisa diracik sendiri. Sebenarnya disarankan mengaplikasikan madu asli, namun jika tidak ada bisa menyesuaikan.

5.     Lidah Buaya

Di balik bentuk yang terbilang unik, lidah buaya menyimpan berbagai manfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit, menutrisi rambut, ataupun mengurangi demam pada anak. Cara pengaplikasiannya sendiri terbilang mudah. Bagian yang dibutuhkan yaitu gelnya sehingga harus dipisahkan dari kulitnya.

Ketika ingin mengurangi panas pada anak, Anda bisa memberikannya olahan dari gel lidah buaya baik berupa puding, jeli, atau lainnya. selain itu langkah paling mudahnya adalah dengan langsung mengoleskannya ke bagian tubuh untuk mendapatkan sensasi dinginnya.

6.     Mandi Air Hangat

Sebaiknya saat anak demam, hindari memandikannya menggunakan air dingin karena ditakutkan bisa membuat suhu badan lebih tinggi. Cara melakukannya yaitu dengan berendam sekitar 20 menit atau sampai merasa kedinginan. Pastikan menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

Cara kerja air hangat untuk menurunkan panas anak adalah dapat membuka pori-pori kulit. Selanjutnya ketika sudah menguap ari tubuhnya maka suhunya bisa menurun. Sedangkan mandi air dingin dapat menyebabkan anak menggigil kedinginan dan memperparah kondisinya.

7.     Memanfaatkan Sayur dan Buah

Buah dan sayur yang mengandung banyak air dipercaya bisa menurunkan demam misalnya saja melon, semangka, stroberi, mentimun, bunga kol, dan lainnya. Agar kandungannya terjaga dengan baik, olahan paling disarankan yaitu dibuat smoothie atau salad karena tidak perlu dimasak terlebih dahulu.

Olahan tersebut juga terbilang praktis serta tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. Hanya saja salah satu hambatannya adalah tidak semua anak menyukai buah dan sayur apalagi saat rasanya masih sangat tajam. Sebaiknya suapi anak sedikit-demi sedikit supaya bisa tertelan.

8.     Air Kelapa

Selain rasanya enak, di dalam air kelapa terdapat berbagai kandungan yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi gejalanya seperti menurunkan demam. di dalamnya terdapat vitamin, mineral, dan elektrolit yang dapat menghidrasi tubuh.

Baca juga : Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis

Jika tidak menemukan air kelapa asli, maka bisa menggunakan produk dalam kemasan yang tersedia di swalayan atau supermarket. Meskipun memiliki kandungan baik, namun sebaiknya tidak meminumnya secara berlebihan karena dapat mengakibatkan beberapa masalah.

Demikian penjelasan mengenai ramuan penurun demam anak yang perlu Anda ketahui untuk menurunkan risiko penyakit lebih parah. Saat ini cara alami seperti ini bisa dilakukan karena terbilang minim efek samping jika takarannya sesuai anjuran dan tidak memberikan secara berlebihan.

Semoga Bermanfaat!

Tinggalkan komentar